Mengatasi Laptop Mati Total

Dalam artikel perdana ini, BPA akan berbagi wawasan dengan sobat2 netter semua, dan bila ada kekurangan dalam artikel ini mohon kritik dan sarannya….. terima kasih.  

Oke sob… kita langsung menuuju TTTTT….. KP. Sekarang ambil laptop yang suspect rusak (mati) letakkan diatas meja, obeng set, dan jangan lupa ambil kertas dan bulpoin, gambarlah bagian bawah laptop dan tandai setiap letak baut lalu beri lubang kecil agar nanti kita tidak salah pasang baut. Semua persiapan sudah selesai…. Oya hampir lupa nich !!  jangan lupa pasang kipas angin biar entar gak gampang stress. Ok.. tetap tenang dan kita mulai sekarang   jreeeeng !!!   .

 Oke … Tips berikut ini berlaku
untuk semua jenis laptop. Mari perhatikan beberapa scenario berikut ini.

SKENARIO 1

LAPTOP BENAR-BANAR MATI.

Ketika sobat mengkoneksikan charger yang terhubung dengan laptop ke listrik AC lalu menekan tombol ON pada laptop, tidak ada tanda-tanda kehidupan sama sekali (innalilahi…..) Tidak ada suara berisik dalam laptop, lampu LED (lampu indicator)  tidak nyala, kipas pendingin tidak berputar, layar LCD gelap dan tidak ada tampilan apapun, dan lainnya…. Bisa dikatakan, laptop sobat  mati.

Apa yang akan sobat lakukan untuk mengatasi permasalahan ini ? yang jelas jangan panggil bapak modien J…. Just kidding !!!, ini dia yang harus sobat lakukan :

1.      Pastikan semua bagian laptop sudah terpasang dengan benar dan charger sudah terhubung dengan listrik (PLN).

2.      Periksa charger laptop, pastikan mendapat voltase yang sesuai sekitar 15 volt. Sobat bisa mengukurnya menggunakan voltmeter (AVO meter).

3.      Katakanlah charger dalam kondisi bagus. Langkah selanjutnya adalah lepas charger dari laptop, keluarkan bateray laptop, tunggu 3 sampai 7 menit ditinggal ngopi dulu ya gak apa apa he.. he.., sekarang sambungkan charger ke laptop dan colokkan jek charger ke Listrik (tapi bateray laptop jangan di pasang dulu) terus cobalah sekali lagi tekan tombol ON untuk menyalakan laptop. Ups… masih belum bisa.

Bila laptop tetap aja tidak nyala, mungkin motherboardnya aus (terbakar) atau ada masalah dengan jek charger pada laptop. Ini dimungkinkan bahwa jek tersebut rusak dan motherboard tidak dapat pasokan tegangan dari charger. Untuk masalah ini sobat harus melepas chasing laptop untuk memeriksa jek charger tersebut, dan bila ternyata memang rusak sobat harus memperbaikinya okrey.. untuk cara memperbaiki jek charger pada laptop tungguh postingan selanjutnya

Catatan :

Bila penyebab matinya laptop karena charger yang rusak dan sobat memutuskankan untuk menggantinya dengan charger yang baru, maka sobat harus mengikuti ketentuan berikut ini :
Voltase charger yang baru harus sama persis dengan yang orisinil. Arus (ampere) charger yang baru harus sama atau lebih besar, deal…!!



SKENARIO 2

KETIKA SOBAT MENCOLOKKAN CHARGER KE LISTRIK (PLN) DAN MENEKAN TOMBOL ON, LAPTOP MENGELUARKAN SUARA SEPERTI BIASANYA, LAMPU LED (LAMPU INDICATOR) NYALA TAPI DI LAYAR MONITOR TIDAK ADA TAMPILAN APAPUN ALIAS BLANK. LAPTOP TERSEBUT TIDAK AKAN NYALA.






Pertama-tama, perhatikan baik-baik layar LCD. Lihat layar tersebut dengan cahaya yang terang. Mungkin saja ada tampilanya yang amat redup.



Jika tidak ada tampilan pada layar LCD laptop, uji laptop tersebut dengan menggunakan monitor eksternal. Hubungkan monitor eksternal ke VGA port yang ada di laptop,  lalu nyalakan. Sobat bisa toogle output video antara layar LCD internal dan monitar eksternal dengan menekan tombol Fn dan F4 bersamaan pada laptop HP, tombol Fn dan F5 untuk laptop Thosiba, tombol Fn dan F7 untuk laptop IBM. Dan untuk laptop jenis lainya mungkin punya kombinasi tombol yang berbeda, jadi sobat entar bisa Tanya sama mbah google…. Beres dah.

Bila monitor eksternal tidak ada masalah tapi layar LCD laptop masih belum ada tampilannya sama sekali. Jika itu masalahnya, permaalahan sobat ada pada layar LCD atau kabel video. Pastikan juga kabel video tersambung dengan baik dengan motherboard dan layar LCD. Coba sambungkan lagi dan atur kembali kabel tersebut.



Dan jika monitor eksternal dan internal keduanya benar-benar mati. Keduanya tidak ada tampilannya. Itu berarti  permasahannya bukan pada layar LCD atau kabel video. Menurut pengalaman BPA hal tersebut sering berhubungan dengan memory laptop.



Cobalah atur kembali peletakan memory, mungkin sambungan memory tersebut tidak pas dengan slot. Coba bersihkan kaki memory dengan penghapus pensil. Pasang memory di slot yang satunya lagi. Bila masih belum berhasil cobalah dengan memory lain yang sekiranya kondisinya masih bagus.

Bila sobat punya dua pasang memory yang terpasang sobat bisa memindahkannya satu persatu, dimungkin salah satu memory ada yang rusak. Coba pasang memory yang berbeda pada slot yang berbeda.

Dan seandainya langkah diatas belum berhasil. BPA yakin bahwa masalahnya bukan terletak pada memory. Terus gimana kelanjutannya ?



Baiklah sekarang coba keluarkan bateray , hard drive dan DVD drive lalu nyalakan laptop tanpa komponent tersebut.



Nyalakan laptop dengan monitor eksternal ketika kabel video dilepas dari motherboard. Bila laptop berhasil memuat tampilan video pada monitor eksternal, kayaknya ada yang salah dengan panel display laptop tersebut.




Bila langkah diatas masih juga belum berhasil walaupun kabel video sudah di lepas juga. Langkah berikutnya adalah membongkar laptop bagian demi bagian dan mengujinya secara bergantian. Lepaslah wireless card, modem, koneksi pada keyboard dan coba lagi menyalakan laptop.



Bila laptop masih belum bisa booting juga meskipun sudah terhubung dengan monitor ekstenal. Hemm…. Ini kayaknya harus pakai jurus pamungkas ala BPA…



Ya mau gimana lagi… otak atik sana-otak atik sini belum juga berhasil… ya terpaksa di bongkar semua deh. Sekarang coba sobat lepas motherboardnya seperti gambar dibawah ini.



Bila motherboard sudah dilepas maka sobat harus mengkoneksikan charger ke monitor eksternal dan kemudian tekan tombol power pada motherboard seperti pada gambar diatas. Serta perhatikan juga ketentuan berikut ini :

1.      Motherboard, seperti laptop pada umumnya, dengan video card yang di gabungkan dengan motherboard.

2.      CPU dengan plat pendingin dan kipas.

3.      Memory sudah terpasang dengan baik.

4.      Tombol power pada motherboard sudah di nyalakan.

5.      Charger sudah terkoneksi dengan baik.

Bila sudah sampai pada langkah yang terakhir ini tapi masih belum ada tampilan video pada monitor ekstenal. Walaupun system sudah bekerja, kipas pendingin berputar tapi tampilan video belum ada. BPA yakin 97% motherboardnya rusak. System CPU yang gagal dan itu bisa di pastikan bahwa kondisi komponen motherboardnya ada yang terbakar.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Trik dan Tips Mengatasi laptop cpt panas

Trik dan Tips Mengatasi Laptop Atau NoteBook Yang Cepat Panas. mungkin ini yang sering anda alami begitupun saya.


pakailah atau gunakan collling pad


tips atau cara ini paling banyak digunakan, bukan rahasia lagi, tetapi pengaruh coolingpad sangat kurang dalam menurunkan suhu, cooling pad yang paling ngirit kantong berkemungkinan menurunkan temperatur atau suhu sekitar 1 - 5 C
kipas heatsink Laptop Atau Notebook Rajin rajin lah dibersihkan
faktor alam sangat berpengaruh pada keadaan laptop atau notebook kita misalnya saja debu , masalah debu bisa kita atasi, dengan cara membersihkanya, tapi ya jangan terlalu sering, minimal bila laptop atau notebook sudah tidak bersahabat dengan kita.

Ganti thermal paste CPU

kalau sudah bersihdari debu dan semacamnya, jangan ketinggalan ganti Thermel paste. Tjermal paste tidak tidak ada fungsi mendinginkan cpu secara aktif, tetapi menjadikan transfer panas dari CPU ke Heatsing menjadi lebih baik dan bagus. misalnya sudah kamu ganti Thermel paste tapi heatsink berdebu dan keadaan kipas tidak berjalan dengan normal , sama saja bo'ong (tidak efektif)

Cuaca Ruangan

ini dia bagi yang suhu ruangnya tidak efektif sangatlah berpengaruh pada laptop dan juga notebook kita, masalahnya ruanganya harus ber AC , biar efektif buat laptop kita, tapi kalo tidak ada kamu yaa jangan terlalu lama mengaktifkan laptop atau notebook nya.

Undervolting

cara yangg ini langsung mengurangi panas di CPU sndiri dengan menggunakan s/w dengan total biaya 0, Hasilnya bisa mengalahkan smua point di atas.
Apa sih Undervolt itu?? undervolting adalah proses mengurangi voltase berlebih ke CPU dengan menggunakan software. Undervolting tidak mempengaruhi performance sama skali. yang mempengaruhi performance adalah overclock dan underclock.

Tidak semua prosesor sama, tiap model prosesor memiliki toleransi voltase yang berbeda. Tapi daripada repot2 menyetel voltase stabil terendah ke tiap chip, Intel memakai voltase standard yang stabil (dan tinggi) ke setiap chip.

Masalahnya adalah voltase standard pabrikan sangat tinggi
(otomatis menambah tinggi temperatur cpu). Undervolting mencoba menyetel ke voltase stabil yang paling rendah

Proses undervolting memang memakan waktu, karena kita harus mencari voltase stabil terendah untuk tiap2 multiplier di CPU. Multiplier berhubungan dengan teknologi speedstep, daripada cpu bekerja full power tiap saat, multiplier digunakan untuk mengatur clock cpu secara dinamik (tanda multiplier: 6x, 7x, 8x dst). Tp klo udh dpt voltase stabilnya.
mungkin ini saja tips dan trik dari saya, semoga bermanfaat buat Si pembaca dan Penulis,

TERIMAKASIH

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Cara Mengatasi Bluescreen Pada Laptop - Bluescreen

Cara Mengatasi Bluescreen Pada Laptop - Bluescreen, Pernahkah anda sewaktu mengerjakan laporan pekerjaan, browsing di internet, ataupun sedang bermain game kesukaan, tiba-tiba Laptop anda restart dengan sendirinya, dan kemudian ketika sedang boot ulang tiba-tiba hanya bluescreen yang anda dapatkan dengan beberapa Informasi yang tertera. Akan tetapi tetap saja, laptop anda tidak bisa digunakan.
Cara Mengatasi Bluescreen Pada Laptop

Bluescreen disebut juga Bluescreen Of Death (BSOD) adalah istilah yang dikenal luas untuk layar yang ditampilkan sistem operasi windows ketika mengalami kesalahan sistem (atau disebut stop error oleh windows). Beberapa hal yang menyebabkan munculnya BSOD ini, diantaranya driver suatu hardware yang tidak bagus, kesalahan penulisan memori RAM, system crash pada registry windows atau penggunaan file Dll yang tidak cocok.

Pada sebuah PC, berbeda dengan laptop atau notebook, anda dapat dengan mudah melakukan analisa terhadap perubahan Terbaru terhadap PC anda, terutama pada hardware. Sayangnya, pada user yang menggunakan laptop hal itu sangatlah sulit untuk dilakukan, selain masih dalam garansi toko, tidak semua orang dapat dengan mudah memahami hardware-hardware di dalam laptop. Tetapi jangan patah semangat terlebih dahulu... ada beberapa  Cara Mengatasi Bluescreen Pada Laptop tersebut...

Pertama, pastikan terlebih dahulu menu safe mode anda tidak mengalami crash (hal ini jika driver Terbaru dari hardware yang ada tidak turut di-load oleh windows). Untuk berada pada safe mode, pada saat booting awal tekan F5 terus menerus, lalu pilih safe mode pada option yang tampil, pada awal tampilan, anda akan ditanya apakah perlu untuk mengaktifkan menu system restore, pilih No untuk mengaktifkan system restore. Lakukan restore pada windows anda, caranya : Start > All Programs > Accessories > System Tools > System Restore. Pilih restore point yang paling dekat. Jika anda tidak ingin menggunakan system restore pada windows,

Selain cara diatas, cara yang paling tepat adalah dengan meng-disable kan driver hardware anda yang terbaru. Caranya: tekan Windows + Pause Break secara bersamaan untuk menampilkan system properties windows anda, pilih tab hardware, pilih device manager untuk menampilkan device manager. Non aktifkan driver hardware yang anda pasang sebelum terjadinya Bluescreen. Atau lakukan rollback driver untuk mengembalikan ke driver sebelumnya.

Pada beberapa kasus bluescreen atau BSOD, kita sama sekali tidak dapat menggunakan laptop. Untuk mengatasi hal tersebut dibutuhkan sebuah Software seperti Acronis True Image (bisa di download gratis di internet) atau Software back-up sejenis. Untuk itu pastikan sebelumnya anda telah memback-up system anda terlebih dahulu. Buatlah bootable media CD pada PC atau laptop teman anda, lalu lakukan booting dengan CD tersebut. Kemudian lakukan restore backup system anda tersebut.

Selain karena kesalahan driver, Bluescreen juga dapat disebabkan oleh virus/trojan yang menyamar menjadi file services pada system, diantaranya smss.exe, winlogon.exe, Isass.exe dan services.exe. Untuk mengatasinya cobalah untuk melacak virus/trojan tersebut dengan program antivirus portable, jalankan program antivirus tersebut, namun kali ini bukan dari sebuah removable storage seperti harddisk atau flashdisk. Lakukan scan virus tersebut melalui unremovable storage seperti CD atau DVD. Ini mengapa anda membutuhkan antivirus portable sehingga anda tidak perlu untuk melakukan proses penginstalan terlebih dahulu ke sistem anda yang mungkin telah terserang oleh virus/trojan terlebih dahulu.

Selamat Mencoba Cara Mengatasi Bluescreen Pada Laptop ...!!!

Sumber : #ixzz2MP5R94Rc

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Penyebab Laptop Mati Sendiri dan Cara Mengatasinya

Hallo sobat, sudah seminggu lebih nhi saya tidak posting, biasa lah ngurusin kerjaan yang tidak beres-beres, baru sekarang bisa posting lagi. (hehe..malah curhat ^_^). Postingan kali ini saya akan berbagi pengalaman berkaitan dengan Laptop mati sendiri sungguh tidak mengenakan ya sobat saat kita lagi enak-enaknya mengerjakan tugas atau bermain game, eh..laptop mati sendiri. Di dalam hati bertanya-tanya kenapa ya nih laptop.?, padahal kemarin-kemarin tidak begini, itu yang saya rasakan saat laptop mati sendiri.



Tapi sobat jangan hawatir, ada beberapa solusi yang saya dapatkan saat laptop mati sendiri, berikut beberapa penyebab laptop mati sendiri.



1. RAM Bermasalah









Ram merupakan posisi yang cukup penting dalam sebuat komputer/laptop yaitu tempat penyimpanan sementara data, jika RAM nya bermasalah maka program tidak akan berjalan sebagai mana mestinya. Kadang-kadang setiap laptop berbeda permasalahnnya, mungkin penyebab laptop mati permasalahannya berada di RAM. Jika sobat tahu tentang dalaman laptop, coba bongkar dalaman laptop kemudian ambil RAM nya tersebut, bersihkan temabaga RAM nya tersebut dengan Penghapus . Cukup dengan berishkan perlahan-lahan tembaganya dengan penghapus, lihat perbedaannya, tembaga ram akan menjadi lebih bersih. Kemudian tancapkan lagi dan jalankan, semoga laptop tidak mati sendiri lagi.



2. Banyak Kotoran dan Debu di dalam Laptop





Masalah ini sangat sepele tapi berakibat fatal pada laptop sobat, laptop bisa mati sendiri, overheat alias kapanasan. Jika sobat bisa membongkar laptop/komputer, bersihkan laptop tersebut dengan kuas, terutama di bagian kipas dalam dan saluran pembuangan udara. Biasanya, laptop sobat bermasalah mati sendiri akibat tersumbatnya saluran udara dan kipas dalam, sehingga tidak berfungsi sebagaimana mestinya.



3. Pasta Prosesor Kering


Nah..ini dia yang sering terjadi jika laptop sobat sudah berumur lama, pasta prosesor akan menjadi kering, akibatnya panas pada prosesor tidak tersalurkan ke pembuangan akhir dan laptop akan mati sendiri. Solusinya, jika sobat tahu tempat dimana letak prosesor tersebut, buka tempatnya, kemudian oleskan Pasta Prosesor secara merata. Jika sobat tidak tahu tempatnya, jangan sekali-kali membuka tempat prosesor tersebut. Harga pasta prosesor relatif murah, bisa didapatkan di toko-toko komputer terdekat.


4. Sistem Operasi Bermasalah

Untuk yang satu ini sobat gga perlu hawatir, tinggal install ulang saja laptop sobat dengan sistem operasi yang baru, sesuaikan juga dengan spesifikasi laptop sobat.  Penyebabnya bisa saja ada program yang crash, sering terjadi restart ulang pada laptop.

5. Mainboard Rusak


Nah..kalo masalah yang satu ini susah untuk ditanggulangi, jika penyebab pertama sampai ke empat sudah dilakukan dan tidak ada solusinya, maka sobat coba bawa ke tukang service untuk mengeceknya kembali. Biasanya mainboard bermasalah akibat umur laptop sudah lama dan laptop sering dipakai terus-terusan. Ganti mainboard dan membeli laptop baru harganya tidak terlalu jauh, sobat harus pikir-pikir lagi untuk mengganti hardware yang satu ini.



Oh iya sobat satu lagi, jangan lupa memakai Cooling Pad saat memakai komputer/laptop, biar laptop tetap terjaga suhunya.

Sekian pemabahasan tentang , semoga bermanfaat. :)



 

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Tips Mengatasi Laptop Hang

Seringkali laptop hang di waktu yang tidak tepat. Ketika sedang mengerjakan tugas yang deadline-nya besok, laptop hang terus setelah beberapa menit. Tentu saja ini sangat mengganggu, disamping kerjaan kita menjadi tertunda, yang paling menyebalkan ialah sudah mengetik beberapa halaman dengan susah payah, tiba-tiba laptop hang sedangkan file-nya belum di save, arghh!!. Ingin sekali rasanya membanting laptop, tapi toh itu tidak menyelesaikan masalah, lebih baik kita mempersiapkan diri sebelum hal itu terjadi.



Ya, laptop hang memang pasti ada sebabnya. Dan kita harus tahu penyebab umum laptop hang (tidak boleh tidak! :)). Disini saya akan membahas penyebab laptop hang dan cara mengatasinya,, cekidot!.

Penyebab utama laptop hang ialah karena beban akses yang dijalankan melebihi kemampuan proccessor pada laptop kita, salah satu penyebabnya menggunakan laptop lebih dari dua jam tanpa cooling pad/ kipas pendingin, sehingga suhu pada proccessor menjadi tinggi dan melebihi batas maksimal yang bisa ditahan proccessor. Perlu diingat Laptop berbeda dengan PC dari segi ruang penempatan komponennya. Laptop akan lebih cepat panas.


Cara mengatasinya, selalu gunakan cooling pad, terutama jika pemakaian lebih dari 2 jam. Lain halnya jika anda memakai laptop ditempat ber-AC, tentu tanpa cooling pad pun tidak masalah. Karena suhu ruangan akan otomatis menstabilkan kerja proccessor. Jangan sering kali memakai laptop tanpa coolingpad dalam jangka waktu lama karena hal ini akan menyebabkan proccessor overheat (terlalu panas) dan kemudian rusak.

Kurangi akses software dalam jumlah banyak secara bersamaan. Hal ini akan memberatkan kerja memory. Atau jika kerjaan anda mengharusakan banyak program diakses secara bersamaan, lakukan upgrade memory laptop.
Maksudnya anda harus menambah kapasitas memory laptop anda. Karena salah satu gejala hang pada laptop selain pada proccessor adalah terletak pada memory. Memory kurang atau memory rusak menyebabkan hang pada laptop.
Pastikan PC yang tertera pada memory laptop anda sama atau mendekati (semakin dekat maka memory akan semakin support dan kerjanya akan maksimal), karena kalau tidak sama, tidak akan support atau malah semakin memperlambat kerja laptopa. PC pada memory biasanya tertera pada labelnya misalkan PC4200, PC5300, PC6400.


Upgrade antivirus dan scan semua file anda sehingga terbebas dari virus. Ini juga salah satu penyebab laptop anda hang. Banyak virus akan merusak kerja system dan memberatkannya. Jika virus dalam laptop anda banyak dan melebihi 100 virus, maka langkah terbaik instal ulang laptop anda.

Defrag HDD (Harddisk) anda, fungsinya untuk merapikan file-file anda. File-file yang banyak berserakan juga termasuk salah satu penyebab hang pada laptop.

Lakukan defragmentation (defrag) hanya jika anda memasukan file berukuran lebih dari 1gb dalam beberapa folder. Jangan terlalu sering defrag HDD karena akan menurunkan performa HDD laptop anda. Lakukan hanya untuk langkah terakhir.



Cara defrag:
  • Klik kanan My Computer
  • Klik manage
  • Klik defragmenter
  • Pilih drive yang akan di defrag C/D
  • Klik defragment
  • Biarkan proses defrag sampai selesai merapikan file anda
  • Close program

Cara kedua:
  • Klik menu start > program > accessories > system tools > Disk Defragmenter
  • Pilih drive yang akan di defrag
  • Klik Defragment
  • Biarkan proses defrag sampai selesai merapikan file anda
  • Close program


Jadi untuk mengatasi hang pada laptop, anda hanya perlu melakukan beberapa langkah mudah (dan menyenangkan) saja), yaitu:
  1. Pergunakan cooling pad saat menggunakan laptop (terutama pemakaian lebih dari 2jam)
  2. Kurangi akses software secara bersamaan
  3. Upgrade memory
  4. Bebaskan file dari virus dengan upgrade antivirus
  5. Defragment HDD laptop
 Semoga bermanfaat ........


Read more: #ixzz2MP3zVUhI - See more at: #sthash.Aa8OEx5X.dpuf

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

mengatasi laptop cepat panas

Trik dan Tips Mengatasi Laptop Atau NoteBook Yang Cepat Panas. mungkin ini yang sering anda alami begitupun saya.


pakailah atau gunakan collling pad


tips atau cara ini paling banyak digunakan, bukan rahasia lagi, tetapi pengaruh coolingpad sangat kurang dalam menurunkan suhu, cooling pad yang paling ngirit kantong berkemungkinan menurunkan temperatur atau suhu sekitar 1 - 5 C
kipas heatsink Laptop Atau Notebook Rajin rajin lah dibersihkan
faktor alam sangat berpengaruh pada keadaan laptop atau notebook kita misalnya saja debu , masalah debu bisa kita atasi, dengan cara membersihkanya, tapi ya jangan terlalu sering, minimal bila laptop atau notebook sudah tidak bersahabat dengan kita.

Ganti thermal paste CPU

kalau sudah bersihdari debu dan semacamnya, jangan ketinggalan ganti Thermel paste. Tjermal paste tidak tidak ada fungsi mendinginkan cpu secara aktif, tetapi menjadikan transfer panas dari CPU ke Heatsing menjadi lebih baik dan bagus. misalnya sudah kamu ganti Thermel paste tapi heatsink berdebu dan keadaan kipas tidak berjalan dengan normal , sama saja bo'ong (tidak efektif)

Cuaca Ruangan

ini dia bagi yang suhu ruangnya tidak efektif sangatlah berpengaruh pada laptop dan juga notebook kita, masalahnya ruanganya harus ber AC , biar efektif buat laptop kita, tapi kalo tidak ada kamu yaa jangan terlalu lama mengaktifkan laptop atau notebook nya.

Undervolting

cara yangg ini langsung mengurangi panas di CPU sndiri dengan menggunakan s/w dengan total biaya 0, Hasilnya bisa mengalahkan smua point di atas.
Apa sih Undervolt itu?? undervolting adalah proses mengurangi voltase berlebih ke CPU dengan menggunakan software. Undervolting tidak mempengaruhi performance sama skali. yang mempengaruhi performance adalah overclock dan underclock.

Tidak semua prosesor sama, tiap model prosesor memiliki toleransi voltase yang berbeda. Tapi daripada repot2 menyetel voltase stabil terendah ke tiap chip, Intel memakai voltase standard yang stabil (dan tinggi) ke setiap chip.

Masalahnya adalah voltase standard pabrikan sangat tinggi
(otomatis menambah tinggi temperatur cpu). Undervolting mencoba menyetel ke voltase stabil yang paling rendah

Proses undervolting memang memakan waktu, karena kita harus mencari voltase stabil terendah untuk tiap2 multiplier di CPU. Multiplier berhubungan dengan teknologi speedstep, daripada cpu bekerja full power tiap saat, multiplier digunakan untuk mengatur clock cpu secara dinamik (tanda multiplier: 6x, 7x, 8x dst). Tp klo udh dpt voltase stabilnya.
mungkin ini saja tips dan trik dari saya, semoga bermanfaat buat Si pembaca dan Penulis,

TERIMAKASIH

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

10 Cara Mengatasi Komputer Lambat

Berikut 10 Penyebab komputer lambat dan cara mengatasinya.

1. Komputer lambat karena kekurangan Memory

Masalah komputer lambat karena minimnya RAM yang terpasang merupakan hal yang umumnya sudah diketahui oleh semua pengguna komputer.

Untuk itu cobalah cek kapasitas memory yang terpasang, untuk komputer sekelas Intel Pentium 4 dengan OS Windows XP dan aplikasi standar sebaiknya upgrade-lah memory menjadi minimal 1 GB.

2. Komputer lambat karena terlalu banyaknya program yang terinstall.
Secara pribadi saya sering menemukan komputer terutama milik pribadi yang di-install bermacam-macam program didalamnya, padahal aplikasi tersebut jarang atau bahkan tidak pernah digunakan sama sekali.

Periksalah program apa saja yang terinstall dikomputer dengan cara klik Add/Remove Program di Control Panel dan un-install program-program yang hanya menjadi "accesories" tersebut.

3. Komputer lambat karena terlalu banyak startup programs dan service yang berjalan.
Hal ini berkaitan dengan point no 2, semakin banyak program yang terinstall, semakin banyak pula program dan service yang akan dijalankan ketika windows startup.

Untuk menonaktifkan startup program dan service yang berjalan otomatis tersebut, masuklah ke "System Configuration Utility" dengan cara ketik: msconfig pada menu run, kemudian pada tab service dan startup lakukan uncheck terhadap aplikasi-aplikasi yang tidak diperlukan.

Untuk melihat aplikasi apa saja yang sedang berjalan, kita bisa menggunakan tool Prosesexplorer. Dengan tool ini kita dapat melihat dan menonaktifkan (kill) aplikasi apa saja yang tidak diperlukan atau dicurigai sebagai virus.

process explorer


Download Process Explorer disini

4. Komputer lambat karena Temporary File yang sudah membengkak
Penyebab komputer lambat yang ke empat adalah sudah membengkaknya file-file temporary (sementara). Untuk Windows Xp lokasi file tersebut ada di:"C:\Documents and Settings\nama_user\Local Settings\Temp" dan"C:\WINDOWS\Temp". 

Untuk membersihkannya, delete-lah file-file yang terdapat di kedua lokasi tersebut atau jalankan program Disk CleanUp dengan cara klik start-run, ketik: "cleanmgr" lalu pilih drive yang akan di-cleanup.

5. Komputer lambat karena terlalu banyak program yang berfungsi sebagai "security program"
Security program seperti program antivirus dan firewall merupakan aplikasi tambahan yang harus ada pada komputer, tetapi janganlah terlalu berlebihan misalnya dengan menginstall 2-3 program antivirus sekaligus.

Untuk masalah security windows, yang terpenting adalah lakukan update, aktifkan firewall dan gunakan antivirus yang tidak membebani komputer seperti misalnya PCMAV Antivirus serta berhati-hatilah ketika menggunakan USB Flashdisk / Memory Card.

6. Komputer lambat karena masalah pada hardisk

Hardisk merupakan komponen kedua setelah RAM yang bisa menyebabkan komputer menjadi lambat. Masalah Komputer lambat yang disebabkan oleh hardisk ini diantaranya karena:
- hardisk low space
- hardisk yang terfragmentasi
- hardisk yang sudah lama, sehingga rpm-nya menurun
- hardisk error / bad sector

Cara mengatasi komputer lambat karena masalah pada hardisk diatas adalah:
- upgrade kapasitas hardisk dengan menambah atau ganti hardisk
- lakukan defragmenter pada hardisk secara berkala
- hindarkan hardisk dari debu, goncangan dan panas berlebih.
- perbaiki kerusakan pada hardisk dengan tool checkdisk.

7. Komputer lambat karena adanya virus, malware atau spyware pada komputer.
Apabila komputer kita sudah terlebih dahulu terserang virus atau malware, maka sebaiknya jalankan Windows Safe Mode, matikan fasilitas system restore dan gunakanlah program Virus Cleaner seperti misalnya Norman Malware Cleaner untuk membersihkan virus atau malware tersebut dan lakukan pula update pada sistem operasi.

8. Komputer lambat karena System Files ada yang corrupt atau bahkan hilang.
Biasanya terjadi setelah komputer terinfeksi virus dan file-file yang terinfeksi tersebut terlanjur rusak atau terdelete oleh antivirus. Solusi yang paling gampang adalah dengan merepair sistem operasi yang digunakan.

9. Komputer lambat karena masalah hardware overheat.
Hardware overheat baik itu terjadi pada hardisk, vga card, processor atau cpu secara umum bisa menyebabkan menurunnya kinerja komputer yang pada akhirnya komputer menjadi hang, lambat atau bahkan  sering restart. Untuk itu pastikan sirkulasi udara pada bagian dalam CPU berjalan dengan baik begitu juga pada fan (kipas angin) harus bersih dari debu dan dapat berputar dengan lancar.

10. Komputer lambat karena adanya masalah konektifitas pada jaringan / network
Hal ini bisa terjadi karena trafic jaringan yang tinggi, hub atau switch yang hang atau adanya virus yang mencoba masuk ke sistem komputer kita. Untuk mengatasinya, coba lepas dan pasangkan kembali konektor RJ45 pada LAN Card atau Roset LAN, restart Switch / hub dan gunakan program Port scanner untuk melihat packet data apa saja yang masuk dan keluar dari komputer kita.

Mungkin itulah beberapa hal penyebab dan cara mengatasi komputer lambat yang bisa saya simpulkan berdasarkan pengalaman yang sering saya temui, tambahan dan koreksi lainnya saya tunggu...thanks.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Cara Membuat Facebook Baru

Cara Membuat Facebook - Facebook adalah salah satu situs pertemanan online terbesar di dunia saat ini. Bukan cuma menjadi 'Raja' disitus jejaring sosial, tetapi keberadaan Facebook juga telah menjadi salah satu situs terbesar kedua di Dunia setelah Google.com. Meski telah menjadi populer tetapi kemungkinan besar masih banyak teman-teman yang belum tahu cara membuat facebook atau daftar facebook. Oleh alasan itulah maka tulisan ini dituliskan buat kamu, sekaligus menjadi kelanjutan tulisan mengenai cara membuat Twitter dan cara membuat blog seperti sebelumnya sudah dipublikasikan di blog ini.

Bagi yang sudah mengerti dunia internet, khususnya bagi mereka yang sudah sering berkecimpung didunia Forum internet dan juga situs-situs yang mewajibkan penggunanya mendaftar, maka tentu cara membuat Facebook tidaklah lagi sesuatu hal yang susah bagi mereka. Namun bagi teman-teman yang masih baru di dunia internet, maka tentunya cara membuat Facebook juga akan terasa agak susah.

Bagaimana cara membuat Facebook secara mudah dan langsung jadi. Berikut penulis akan menyajikan langkah-langkahnya kepada teman-teman semuanya:

1. Langkah pertama yang harus teman-teman lakukan ketika ingin membuat account Facebook adalah dengan mengakses situs www.facebook.com di web address browser kamu.

2. Setelah halaman awal facebook muncul, maka pada bagian kiri akan muncul formulir isian seperti terlihat pada gambar berikut ini:


Cara Membuat Facebook Bagian 1

Isilah hal-hal yang diminta pada formulir pendaftaran tersebut, seperi halnya:

Setelah halaman awal facebook muncul, maka pada bagian kiri akan muncul formulir isian yang harus masukkan data-data pribadi anda yang dibutuhkan, diantaranya:

- Nama Depan (Contoh: Bila nama kamu adalah Joko Santoso, maka pada isian nama depan, cukup kamu isikan dengan nama depan, yaitu "Joko" saja)

- Nama Belakang (Contoh: Bila nama kamu adalah Joko Santoso, Maka pada isian nama belakang ini, kamu cukup isikan dengan nama belakang, yaitu "Santoso" saja.)

- Email kamu (kamu wajib memiliki sebuah email yang valid, ketika ingin melakukan registrasi di facebook, bila belum punya silahkan terlebih dahulu buat email gratis melalui www.gmail.com ataupun melalui www.yahoo.com, dan kalau sudah punya silahkan isi pada bagian ini alamat email kamu, misalnya: emailku@gmail.com)

- Kata Sandi Baru (Pada bagian ini kamu diwajibkan mengisi kata sandi atau password yang merupakan tulisan dari gabungan huruf maupun angka lebih dari 6 digit. Kata sandi atau password mutlak harus kamu ingat karena akan selalu dibutuhkan bila ingin membuka account facebook suatu saat kelak)

- Saya Seorang (pada bagian ini, pilihlah salah satu jenis kelamin kamu yang sudah dibuatkan pilihannya di situs facebook.

- Tanggal Lahir ( Pada bagian ini isikan dengan lengkap tanggal lahir kamu, bulan lahir kamu, serta tahun lahir kamu, sesuai dengan pilihan yang sudah disedikan oleh facebook)

- Setelah semua kotak formulir sudah diisi dengan benar, maka kelik lah tanda "daftar" untuk memulai pendaftaran facebook.

3. Akan muncul halaman verifikasi seperti terlihat pada gambar berikut, yaitu sebuah halaman yang memunculkan gabungan huruf-huruf dan angka-angka, dan kamu disuruh memasukan tulisan-tulisan tersebut kesebuah kotak yang sudah tersedia, dan kemudian kembali anda disuruh untuk mengklik tanda "daftar"


Cara Membuat Facebook Bagian 2
4. Pada langkah ini akan muncul halaman facebook yang menyuruh kamu untuk mencari teman, namun lebih baik abaikan saja halaman ini dengan cara mengklik tanda "lewati langkah ini" yang ada di bagian bawah paling kanan halaman.


Cara Membuat Facebook Bagian 3

5. Untuk halaman ini, kamu akan disarankan untuk mengisi formulir baru, yaitu:


Cara Membuat Facebook Bagian 4
- SMA (tempat kamu sekolah saat SMA) kemudian disusul dengan angkatan berapa anda sekolah di SMA yang bersangkutan.

- Perguruan Tinggi (tempat kamua sekolah saat diperguruan tinggi) dan disusul dengan angkatan tahun berapa anda sedang melakukan study diperguruan tinggi bersangkutan.

- Perusahaan (kamu bisa juga mengisi perusahaan tempat anda bekerja saat ini)

Keterangan: Bila kamu merasa perlu untuk mengisi formulir pada tahap ini, maka silahkan isi dengan arahan-arahan yang sudah dipaparkan diatas, dan kemudian silahkan mengakhiri dengan mengklik tanda "simpan & Lanjutkan", namun kamu juga berhak untuk tidak mengisi formulir ini, dengan cara mengakhiri dan mengklik tanda "lewati".

6. Sampai tahapan nomor 5 sebenarnya cara membuat facebook sudah berhasil di registrasi, namun salah satu hal yang paling penting kamu lakukan adalah membuka email, yaitu email yang gunakan sebelumnya, saat mendaftarkan diri menjadi anggota facebook (lihat cara membuat facebook bagian 2).

Keterangan:
- pada bagian ke-6 ini, kamu akan mendapat sebuah kiriman email verifikasi dari facebook ke alamat email kamu, dan bila email belum terkirim dari pihak facebook, maka kamu dapat menunggu untuk beberapa waktu (antara 2 jam sampai 10 jam)

- bila email verifikasi sudah dikirim pihak facebook ke email kamu, maka segeralah buka email tersebut, dan silahkan klik salah satu "link" yang ada di email tersebut, dan hal ini dilakukan agar account facebook yang baru dibuat tersebut sudah terverifikasi dengan baik.

7. Bila kamu ingin melakukan pembaharuan lain di account facebook yang baru saja di buat, maka silahkan kunjungi bagian pengaturan, dan dari sana anda sudah dapat mengatur foto, profil tambahan dan sebagainya, dan dengan langkah-langkah ini pembuatan facebook sudah selesai.

Keterangan: Bila cara membuat facbeook sudah sepenuhnya terlaksana, maka suatu saat bila kita ingin login facebook, maka hal yang harus selalu diingat adalah:

- email facebook kita ketika mendaftar (lihat keterangan cara membuat facebook di bagian 2)

- Password facebook saat mendaftar (lihat keterangan cara membuat facebook di bagian 2)

Demikianlah cara membuat Facebook mulai dari awal hingga akhir. Semoga dengan informasi ini dapat membantu teman-teman untuk membuat atau mendaftarkan sebuah akun Facebook yang baru.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS