Mengatasi Laptop Mati Total

Dalam artikel perdana ini, BPA akan berbagi wawasan dengan sobat2 netter semua, dan bila ada kekurangan dalam artikel ini mohon kritik dan sarannya….. terima kasih.  

Oke sob… kita langsung menuuju TTTTT….. KP. Sekarang ambil laptop yang suspect rusak (mati) letakkan diatas meja, obeng set, dan jangan lupa ambil kertas dan bulpoin, gambarlah bagian bawah laptop dan tandai setiap letak baut lalu beri lubang kecil agar nanti kita tidak salah pasang baut. Semua persiapan sudah selesai…. Oya hampir lupa nich !!  jangan lupa pasang kipas angin biar entar gak gampang stress. Ok.. tetap tenang dan kita mulai sekarang   jreeeeng !!!   .

 Oke … Tips berikut ini berlaku
untuk semua jenis laptop. Mari perhatikan beberapa scenario berikut ini.

SKENARIO 1

LAPTOP BENAR-BANAR MATI.

Ketika sobat mengkoneksikan charger yang terhubung dengan laptop ke listrik AC lalu menekan tombol ON pada laptop, tidak ada tanda-tanda kehidupan sama sekali (innalilahi…..) Tidak ada suara berisik dalam laptop, lampu LED (lampu indicator)  tidak nyala, kipas pendingin tidak berputar, layar LCD gelap dan tidak ada tampilan apapun, dan lainnya…. Bisa dikatakan, laptop sobat  mati.

Apa yang akan sobat lakukan untuk mengatasi permasalahan ini ? yang jelas jangan panggil bapak modien J…. Just kidding !!!, ini dia yang harus sobat lakukan :

1.      Pastikan semua bagian laptop sudah terpasang dengan benar dan charger sudah terhubung dengan listrik (PLN).

2.      Periksa charger laptop, pastikan mendapat voltase yang sesuai sekitar 15 volt. Sobat bisa mengukurnya menggunakan voltmeter (AVO meter).

3.      Katakanlah charger dalam kondisi bagus. Langkah selanjutnya adalah lepas charger dari laptop, keluarkan bateray laptop, tunggu 3 sampai 7 menit ditinggal ngopi dulu ya gak apa apa he.. he.., sekarang sambungkan charger ke laptop dan colokkan jek charger ke Listrik (tapi bateray laptop jangan di pasang dulu) terus cobalah sekali lagi tekan tombol ON untuk menyalakan laptop. Ups… masih belum bisa.

Bila laptop tetap aja tidak nyala, mungkin motherboardnya aus (terbakar) atau ada masalah dengan jek charger pada laptop. Ini dimungkinkan bahwa jek tersebut rusak dan motherboard tidak dapat pasokan tegangan dari charger. Untuk masalah ini sobat harus melepas chasing laptop untuk memeriksa jek charger tersebut, dan bila ternyata memang rusak sobat harus memperbaikinya okrey.. untuk cara memperbaiki jek charger pada laptop tungguh postingan selanjutnya

Catatan :

Bila penyebab matinya laptop karena charger yang rusak dan sobat memutuskankan untuk menggantinya dengan charger yang baru, maka sobat harus mengikuti ketentuan berikut ini :
Voltase charger yang baru harus sama persis dengan yang orisinil. Arus (ampere) charger yang baru harus sama atau lebih besar, deal…!!



SKENARIO 2

KETIKA SOBAT MENCOLOKKAN CHARGER KE LISTRIK (PLN) DAN MENEKAN TOMBOL ON, LAPTOP MENGELUARKAN SUARA SEPERTI BIASANYA, LAMPU LED (LAMPU INDICATOR) NYALA TAPI DI LAYAR MONITOR TIDAK ADA TAMPILAN APAPUN ALIAS BLANK. LAPTOP TERSEBUT TIDAK AKAN NYALA.






Pertama-tama, perhatikan baik-baik layar LCD. Lihat layar tersebut dengan cahaya yang terang. Mungkin saja ada tampilanya yang amat redup.



Jika tidak ada tampilan pada layar LCD laptop, uji laptop tersebut dengan menggunakan monitor eksternal. Hubungkan monitor eksternal ke VGA port yang ada di laptop,  lalu nyalakan. Sobat bisa toogle output video antara layar LCD internal dan monitar eksternal dengan menekan tombol Fn dan F4 bersamaan pada laptop HP, tombol Fn dan F5 untuk laptop Thosiba, tombol Fn dan F7 untuk laptop IBM. Dan untuk laptop jenis lainya mungkin punya kombinasi tombol yang berbeda, jadi sobat entar bisa Tanya sama mbah google…. Beres dah.

Bila monitor eksternal tidak ada masalah tapi layar LCD laptop masih belum ada tampilannya sama sekali. Jika itu masalahnya, permaalahan sobat ada pada layar LCD atau kabel video. Pastikan juga kabel video tersambung dengan baik dengan motherboard dan layar LCD. Coba sambungkan lagi dan atur kembali kabel tersebut.



Dan jika monitor eksternal dan internal keduanya benar-benar mati. Keduanya tidak ada tampilannya. Itu berarti  permasahannya bukan pada layar LCD atau kabel video. Menurut pengalaman BPA hal tersebut sering berhubungan dengan memory laptop.



Cobalah atur kembali peletakan memory, mungkin sambungan memory tersebut tidak pas dengan slot. Coba bersihkan kaki memory dengan penghapus pensil. Pasang memory di slot yang satunya lagi. Bila masih belum berhasil cobalah dengan memory lain yang sekiranya kondisinya masih bagus.

Bila sobat punya dua pasang memory yang terpasang sobat bisa memindahkannya satu persatu, dimungkin salah satu memory ada yang rusak. Coba pasang memory yang berbeda pada slot yang berbeda.

Dan seandainya langkah diatas belum berhasil. BPA yakin bahwa masalahnya bukan terletak pada memory. Terus gimana kelanjutannya ?



Baiklah sekarang coba keluarkan bateray , hard drive dan DVD drive lalu nyalakan laptop tanpa komponent tersebut.



Nyalakan laptop dengan monitor eksternal ketika kabel video dilepas dari motherboard. Bila laptop berhasil memuat tampilan video pada monitor eksternal, kayaknya ada yang salah dengan panel display laptop tersebut.




Bila langkah diatas masih juga belum berhasil walaupun kabel video sudah di lepas juga. Langkah berikutnya adalah membongkar laptop bagian demi bagian dan mengujinya secara bergantian. Lepaslah wireless card, modem, koneksi pada keyboard dan coba lagi menyalakan laptop.



Bila laptop masih belum bisa booting juga meskipun sudah terhubung dengan monitor ekstenal. Hemm…. Ini kayaknya harus pakai jurus pamungkas ala BPA…



Ya mau gimana lagi… otak atik sana-otak atik sini belum juga berhasil… ya terpaksa di bongkar semua deh. Sekarang coba sobat lepas motherboardnya seperti gambar dibawah ini.



Bila motherboard sudah dilepas maka sobat harus mengkoneksikan charger ke monitor eksternal dan kemudian tekan tombol power pada motherboard seperti pada gambar diatas. Serta perhatikan juga ketentuan berikut ini :

1.      Motherboard, seperti laptop pada umumnya, dengan video card yang di gabungkan dengan motherboard.

2.      CPU dengan plat pendingin dan kipas.

3.      Memory sudah terpasang dengan baik.

4.      Tombol power pada motherboard sudah di nyalakan.

5.      Charger sudah terkoneksi dengan baik.

Bila sudah sampai pada langkah yang terakhir ini tapi masih belum ada tampilan video pada monitor ekstenal. Walaupun system sudah bekerja, kipas pendingin berputar tapi tampilan video belum ada. BPA yakin 97% motherboardnya rusak. System CPU yang gagal dan itu bisa di pastikan bahwa kondisi komponen motherboardnya ada yang terbakar.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment